Jenis Ikan Discus Alam (Wild Discus) Beserta Keturunan

Ikan Green Discus

IkanDiscus.com. Jenis Ikan Discus Alam (Wild Discus) Beserta Keturunan. Berdasarkan pada habitat hidup aslinya, yakni di sepanjang anak-anak sungai Amazon, terdapat 4 macam jenis discus alam yang dikenal pertama kali sebelum dilakukan kawin silang. Ini merupakan Ikan Discus Alam. Jadi jenis ikan discus sebelum di budidayakan.

Jenis Discus Alam (Wild Discus)

Heckel Discus (Symphysodon discus)

Heckel Discus berasal dari Manus (Rio Nero) Brazil. Ciri khas Heckel Discus yaitu memiliki 9 garis vertikal dan 3 diantaranya terlihat jelas, yakni garis pertama yang melalui mata, garis ke-9 pada pangkal ekor, serta garis ke-5 (garis paling tengah) lebih lebar dan terlihat lebih tebal.

Budidaya Heckle Discus ini tergolong paling sulit, karena membutuhkan parameter air yang khusus dan betina nya jarang mau bertelur di akuarium.

Heckle Discus membutuhkan tempat yangt agak hangat (30-32 C) dengan pH agak asam (4,5-5,5) dengan kesadahan yang sangat rendah kurang dari 1 serajat DH.

Blue Discus (Symphysodon aequifasciata Herladi)

Blue Discus juga ditemukan di sekitar Manaus, memiliki ciri bercorak garis-garis biru memanjang mulai dari kepala sampai ke pangkal ekor

Green Discus (Symphysodon aequifasciata aequifasciata)

Green Discus banyak tersebar di sungai Putumayo, Peru, sehingga terkenal juga dengan sebutan Pruvian Green Discus. Selain di Peru, jenis ikan Green Discus ini juga tersebar di Danau Tefe sehingga dinamakan Tefe Green Discus.

Green Discus sendiri memiliki ciri warna kombinasi hijau dengan warna bercak kemerahan atau cokelat sehingga sering juga disebut sebagai ikan Red Spotted Green

Brown Discus (Symphysodon aequifasciata Axelrodi)

Brown Discus banyak tersebar di Belem, dekat dengan muara sungai Amazon. Memiliki warna cokelat muda hingga cokelat tua, dihiasi warna putih dibagian kepala, sirip dan bawah.

Ada juga yang berwarna kemerahan karena mengkonsumsi sejenis buah yang berwarna merah yang jatuh ke sungai, namun warna merah tersebut tidak permanen.

Brown Discus sangat dikenal sebagai ikan discus paling sayang anak, sehingga banyak sekali digunakan sebagai indukan.

Keturunan Discus Alam

Ikan Discus memang memiliki perilaku yang unik, tenang anggun dan bersahabat menjadi daya tarik tersendiri bagi penggemar ikan discus di seluruh dunia.

Nah, dari ke empat jenis Ikan Discus inilah para pionir pembudidaya diskus dunia berhasil mengembangbiakkan secara kawinsilang sehingga menghasilkan banyak strain baru dengan warna-warni yang menawan dan corak yang memukau.

Heckel Discus : Blue Heckel, Red Heckel, Rio Ika, dan lain-lain

Blue Discus: Blue Terquise, Blue Diamond, Solid Blue, Cobalt Blue, Royal Blue, Blue Cover, Blue Scorpion, Blue Eagle, Blue Ghost, Wattly Terquise, Bintang Biru, dan lain-lain

Green Discus : Red Spotted Green, Royal Green, Solid Green, dan lain-lain

Brown Discus : Alencer, Solid Red, Tomato Red, Super Red, Rose Red, Virgin Red, Red Fox, Red Melon, San Merah, Super San Merah, Super Red Melon, Red White, Marlboro, dan lain-lain

Ikan Discus bisa dipelihara bersama dengan jenis discus lainnya dalam satu akuarium dan bisa di campur dengan jenis ikan hias lain yang tidak galak.

Discus hasil tangkapan dari alam saat ini jarang ditemui. hampir semua discus yang beredar di dunia merupakan hasil budidaya yang merupakan keturunan dari 4 jenis discus alam diatas.

One Response for Jenis Ikan Discus Alam (Wild Discus) Beserta Keturunan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *