Kualitas Air PAM untuk Budidaya Ikan Discus

Kualitas Air PAM untuk Budidaya Ikan Discus

IkanDiscus.com. Kualitas Air PAM untuk Budidaya Ikan Discus. Setiap jenis ikan membutuhkan parameter air yang berbeda untuk budidaya. Demikian pula dengan Budidaya Ikan Discus yang sangat sensitif terhadap kualitas air yang diinginkannya. 

Berhasil atau tidaknya seorang pembudidaya ikan discus tergangtung pada cocok atau tidaknya kualitas air dengan kebutuhan ikan yang dibudidayakan tersebut.

Kualitas Air PAM untuk Budidaya Ikan Discus

Air PAM merupakan air yang paling baik untuk budidaya ikan discus / diskus, hal tersebut karena Air PAM telah melalui serangkaian proses penjernihan dan penyaringan. Serta telah melalui tahap pembersihan dari bakteri. Kandungan mineral dan zat kimia juga sudah distandarisasi sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan mengenai air minum.

Namun, kandungan klorin yang digunakan untuk pembersihan bakteri, masih terlalu tinggi untuk ikan meski aman untuk manusia. Sehingga perlu untuk dihilangkan terlebih dahulu sebelum digunakan untuk budidaya ikan discus/diskus.

Cara menghilangkan kandungan klorin pada air PAM yaitu dengan melarutkan bahan antiklorin berupa kalium tiosulfat (K2 S2 O3) ke dalam air PAM sebanyak 1 butir untuk 25 liter air PAM dan diberi aerasi kencang agar merata.

Kandungan klorin pada air PAM juga dapat dihilangkan dengan memberikan aerasi selama +/- 24 jam sebelum digunakan. Kadar klorin yang aman digunakan untuk budidaya ikan discus < 0,01 ppm.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *